Istilah Entrepreneur semakin hari semakin lekat kita dengar. Istilah ini tumbuh beriringan dengan segala pembaharuan yang ada di sekitar kita. Menariknya. Pembaharuan ini lahir melalui ragam bisnis yang muncul pada era digital ini.
Facebook yang muncul pada tahun 2005 membawa perubahan pada bagaimana masyarakat berlaku. Facebook bukanlah social networking – based website pertama yang ada di dunia, namun facebook memiliki fitur – fitur yang menjadi landasan bagi banyak orang untuk beraktivitas secara sosial di dunia maya. Mulai dari saling berbicara dalam fitur post, berbagi foto, video, hingga bermain game bersama. Kini Facebook menjadi salah satu bisnis yang menjadi landasan bagi beragam media sosial, membuka mulainya era media sosial dan yang terpenting merubah aktivitas manusia di dunia hingga dapat dan nyaman bersosialisasi di dunia maya.
YouTube yang hanya bermula sebagai website tempat para usernya untuk saling berbagi video unggahan mereka yang dapat ditonton oleh siapapun, kini telah menjadi website dengan rate dikunjungi terbesar di dunia. Begitu banyaknya user yang menggunakan YouTube, bisnis ini dinobatkan sebagai search engine nomor 2 yang paling banyak digunakan di dunia setelah google. Dengan kata lain, YouTube berhasil merubah perilaku masyarakat hingga akhirnya banyak yang menonton unggahan video online di dunia maya.
Apa sebetulnya yang menjadi kunci kesuksesan Facebook dan YouTube? Apakah karena kebaruan yang mereka miliki? Itu betul, namun yang tidak banyak orang sadari kesuksesan Facebook dan YouTube yang utama adalah mereka sama – sama menciptakan solusi lewat bisnis mereka. Facebook mempersempit jarak sosialisasi antar manusia dengan bisnis mereka. Jarak bukan lagi persoalan. Siapapun bisa menjadi individu yang berharga tanpa menilai latar belakang apakah mereka orang kota atau bukan. YouTube menjadi solusi bagi mereka yang ingin membuat konten berbasis video namun tidak disukai oleh arus pasar. YouTube menjadi tempat para kreator mulai dari film maker, musisi, bahkan traveller dapat membuat konten sesuai apa yang mereka mau.
Bicara soal solusi, tidak ada contoh yang lebih menarik dibanding Gojek. Bermula dari antar – jemput motor/mobil berbasis aplikasi online, kini Gojek betul – betul merubah banyak sosiokultur masyarakat bahkan hingga merubah cara berbisnis ragam lini usaha yang ada.
Spirit utama seorang Entrepreneur adalah menciptakan perubahan, dan spirit ini dilatar belakangi oleh prinsip utama: solusi. Penciptaan perubahan guna menciptakan solusi melalui bisnis adalah syarat utama menjadi seorang Entrepreneur.
#menjadientrepreneur #entrepreneur #fakultasbisnis #lspr