Mahasiswa LSPR dari kelas MKTC25-1TP berkolaborasi bersama Bee-Youth dalam menggelar acara “BhoomeEco: Choose Eco, Not Ego” yang diselenggarakan pada Minggu, 28 Juli 2024 di Salihara Arts Center, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kegiatan ini merupakan project gabungan dari empat mata kuliah, yaitu Community Development, Social Marketing, Content Creative In Marketing Communication & Creative Digital Marketing Communication. Acara ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kesehatan lingkungan dengan upaya pengolahan limbah pangan menjadi eco-enzyme.

Acara ini mengundang tiga orang pembicara, yaitu Jerhemy Owen selaku content creator dan mahasiswa teknik lingkungan di Avans University, Yosi Twentiarani selaku SDGs Certificate Leader, dan Geo Septianella selaku Founder Bee-Youth sebagai pembicara di sesi talkshow. Melalui sesi talkshow ini, para pembicara membahas terkait pengelolaan limbah makanan di Indonesia. Jerhemy yang mana saat ini sedang berkuliah di Avans University, Belanda, menceritakan betapa besar perbedaan pengelolaan sampah di Indonesia dengan di Belanda. Ketiga pembicara menyoroti seberapa besar pengaruh kualitas pengelolaan limbah terutama food waste terhadap kualitas kesehatan lingkungan.

Setelah sesi talkshow, acara disambung dengan praktik pembuatan eco-enzyme oleh Geo Septianella selaku Founder Bee-Youth. Selain tata cara pembuatan, Geo juga menyampaikan edukasi kepada para audiens terkait manfaat dari pengolahan limbah menjadi eco-enzyme serta pemanfaatannya di kehidupan sehari-hari. Selain mengikuti talkshow dan praktik pembuatan eco-enzyme, para pengunjung juga dapat datang ke art exhibition yang berisikan karya-karya dari hasil limbah plastik dan juga video dokumenter tentang food waste yang dapat ditonton oleh para pengunjung.

 

 

Artikel oleh Rafa Shabira

Disunting oleh Alivia Ichsania