Dr. Leila Mona Ganiem, M.Si, M.Si, CPR, CICS

Expert in : Health Communication, Communication Corporate, Communication Interpersonal, & Communication Intercultural

Education : 

Master (S2),  Antropologi, FISIP,  Universitas Indonesia, 2012

Doctoral (S3), Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Indonesia, 2007  

Master (S2),  Manajemen Komunikasi, FISIP, Universitas Indonesia, 2001 

Diploma  Public Relations, Advertising, Marketing, London School of Public Relations, Jakarta, 1998. 

S1, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UPBJJ-UT  (Perwakilan Islamabad, Pakistan), 1996 

Program Pendidikan Akta IV Pendidikan, FKIP Program Studi Pendidikan Bahasa  Inggris, UPBJJ-UT  (Perwakilan Islamabad, Pakistan), 1996

Diploma III, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, IKIP Bandung, 1993. 

Program Pendidikan Akta III Pendidikan, FKIP Program Studi Pendidikan Bahasa  Inggris, IKIP Bandung, 1993

Professional Experience : 

  1. Komisioner Konsil Kedokteran Indonesia,  Periode 2014-2020
  2. 2013 – sekarang Menjadi Narasumber di Lemhannas RI        
  3. Tim Seleksi Penerima Beasiswa LPDP,  Kemenkeu (2016-2018)
  4. 1999 – sekarang Konsultan Komunikasi  dan Pengembangan Pribadi, Trainer dan Pembicara Seminar  
  5. 2019-sekarang  Asesor BNSP
  6. 1999-2008 Instruktur/Trainer di Sekolah Pengembangan Pribadi, John Robert Powers Internasional. 
  7. 2008- 2011 Certified Facilitator for DDI  – Facilitation Skills Workshop
  8. 1993-1996 Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar RI di Islamabad, Pakistan 
  9. Staf Pengajar: (Lektor Kepala 700)
  10. 2008-sekarang… Dosen Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana (S2) Komunikasi Mercubuana (Integrated Marketing Communication, Strategic Corporate Communication, Reputation Management and Crisis)… (Jabatan Fungsional: lektor Kepala 700)
  11. 2021- sekarang …. Dosen Universitas Indonesia (Vokasi Komunikasi) 
  12. 2018 – 2023… Dosen Fakultas Kedokteran Uhamka (Komunikasi Kedokteran)
  13. 2022-2024… Dosen Pasca Sarjana, Health Communication, LSPR
  14. 2022… Tim Dosen S2 Magister Komunikasi, UPNVJ (Komunikasi Korporat)
  15. 2023… Tim Dosen FK S2 Pendidikan Kedokteran Unair  
  16. 2007-2010… Dosen Fikom di Universitas Pancasila  (SI); (Komunikasi Antarbudaya)
  17. 2008-2012…Dosen Komunikasi di Pasca Sarjana  (S2) Prof. Dr. Mustopho (Beragama) (Strategic Communication Planning for Public Relations)
  18. 2008-2010…Dosen Komunikasi Sekolah Pasca Sarjana  (S2) Sahid (Strategic Communication Planning for Public Relations)
  19. 2010…Dosen Pascasarjana (S2) Paramadina (materi: Negosiasi Bisnis)
  20. 2011-2013…Dosen Pascasarjana (S2) Universitas Jayabaya (materi: Komunikasi Antarbudaya)
  21. 1999-sekarang:  Dosen Tamu di :  ITB; IPB; Universitas Indonesia; Unsoed (Universitas Sudirman Purwokerto); Universitas UPN Veteran Jakarta; Universitas Pajajaran-Unpad;  Undip Semarang; Universitas Airlangga Surabaya; Universitas Bengkulu; UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; UIN Jambi; Universitas Gadjah Mada (UGM); STAIN Kediri; UIN Jakarta; UIN Sumatera Utara, Universitas Paramadina;  Universitas Atmajaya; Universitas Jayabaya;  Universitas Binus; UPI YAI; BSI; Universitas Bandar Lampung;  Universitas Al-Azhar; USNI; UMJ; STMIK Amikom Yogyakarta; Prosia; Uhamka; STIAMI, STIM LPMI; Universitas Trisakti; Universitas Pancasila; Universitas Moestopho Beragama; Universitas Sahid;   Universitas Islam Riau; Universitas Jayabaya; UIN-Sumatera Utara; London School of Public Relations-LSPR; Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, UMN, Universitas Jember, Politeknik Tempo; UNLAM; STIAB Jinarakkhita Lampung; Universitas Bengkulu; Universitas Tanri Abeng; Unjani dll
  22. Narasumber di media cetak dan elektronik.
  23. Motivator pada generasi muda dan profesional dalam bidang  pengembangan pribadi. 
  • Publication/Research :
  1. Abrudin, F., & Ganiem, L. M. (2024). Carving Image: Impactful Amistartop Brand Communication Strategy and Tactics. E-Bangi Journal of Social Science and Humanities, 21. https://doi.org/10.17576//ebangi.2024.2103.45 
  2. Aulia, U. I., & Ganiem, L. M. (2024). Lebak District’s Strategy for Promoting Baduy Tourism during the Pandemic. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(4), 2321–2328. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/8548 
  3. Ayati, R., & Ganiem, L. M. (2024). Media Sosial sebagai Sarana Pelestarian Kebudayaan Betawi. Jurnal Mediakom, 14(1). https://doi.org/10.22441/mediakom.v14i1.16427
  4. Ganiem, L. M., Hilderiah, R., Syaifuddin, & Hani, R. (2024). PKM Ikaboga in Building Image through Personal Branding and PSR for MSME Entrepreneurs. JUARA: Jurnal Wahana Abdimas Sejahtera, 5(2), 160–179. https://doi.org/https://doi.org/10.25105/dq5yrj89 
  5. Ganiem, L., Setiawati, R., Suardi, S., Nurhayai, N., & Ramdhani, R. (2024). Society in the Digital Era: Adaptation, Change, and Response to Communication Technology. Journal International Dakwah and Communication, 4, 123–135. https://doi.org/10.55849/jidc.v4i1.639 
  6. Hani, R., & Ganiem, L. M. (2024). Kolaborasi Personal Social Responsibility dalam Pencegahan Tindakan Bullying melalui Edukasi Komunikasi Verbal dan Non-Verbal pada Remaja di SMKN 49 Jakarta. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–32. https://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/7966 
  7. Pandjaitan, R. H., Ganiem, L. M., & Hereyah, Y. (2024). Kompetensi Komunikasi Organisasi dan Model 4C Guna Branding dan Membangun Reputasi melalui Media Sosial. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(1), 75–90. https://doi.org/10.55606/jppmi.v3i1.1428 
  8. Pratama, T. F., & Ganiem, L. M. (2024). Strategi Komunikasi Korporasi Media Penyiaran di Era Disrupsi (Studi Kasus di Banten TV). Jurnal Mediakom, 14(1). https://doi.org/10.22441/mediakom.v14i1.22832 
  9. Putra, G. A. L., & Ganiem, L. M. (2024). Strategic Persuasion: Securing Community Support for Internet Infrastructure Development. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(5), 2803–2814. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/8707 
  10. Rony, Z. T., Wijaya, I. M. S., Nababan, D., Julyanthry, J., Silalahi, M., Ganiem, L. M., Judijanto, L., Herman, H., & Saputra, N. (2024). Analyzing the Impact of Human Resources Competence and Work Motivation on Employee Performance: A Statistical Perspective. Journal of Statistics Applications and Probability, 13(2), 787–793. https://doi.org/10.18576/jsap/130216 
  11. Surasman, O., & Ganiem, L. M. (2024). Effective Communication Principles in the Quran: Fostering Harmonious Interpersonal Relationship. Journal of Innovation Research and Knowledge, 4(2), 645–654. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/7908 
  12. Yusniawati, D., & Ganiem, L. M. (2024). Husband and Wife Communication Patterns in Periode Baby Blues Syndrome. Journal of Dialogos: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(3), 3046–6040. https://doi.org/10.62872/gpdem192 
  13. Kholisoh, N., Ganiem, L. M., & Mijan, R. (2023). Media Literacy on Prevention of Pornography Effects through Personal Social Responsibility at Gerendong Village Pandeglang-Banten. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 8(2), 104. https://doi.org/10.22441/jam.v8i2.19291 
  14. Ganiem, L. M., & Agustina, A. (2023). Cyber Public Relations Strategies for Enhancing Public Engagement: A Case Study of Koja Hospital Instagram. Athena: Journal of Social, Culture and Society, 1(3), 116–129. https://doi.org/10.58905/athena.v1i3.104 
  15. Ganiem, L. M., & Hamad, I. (2023). Personal Social Responsibility Campaign for Helping Others in Facing COVID-19 Pandemic. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 8(1), 49–61. https://doi.org/10.25008/jkiski.v8i1.818 
  16. Ganiem, L. M., Pandjaitan, R. H., & Hani, R. (2023). Socialization and Building Individual Social Responsibility of SMKN 60 Jakarta Students Regarding CHSE. SAFARI : Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(2). https://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/safari/article/view/475 
  17. Ganiem, L. M., & Zulham. (2023). Pelatihan Komunikasi Mahasiswa dalam Meningkatkan Kemampuan Public Speaking. SABAJAYA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(5), 266–271. https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpkm/article/view/192 
  18. Hani, R., & Ganiem, L. M. (2023). The Assertive Communication Training For Vacational High Shool Students as Personal Social Responsibility Implementation In Preventing Juvenile Delinquency of Peer Friend. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), 183–202. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.1289 
  19. Permana, M. J. H., Tomohardjo, I., & Ganiem, L. M. (2023). Strategi Integrated Marketing Communication dalam Mendukung Reputasi Merek Indogrosir. Journal of Economics and Business UBS, 12(5). https://doi.org/https://doi.org/10.52644/joeb.v12i5.663 
  20. Purnama, Y., Rais, S., Ganiem, L. M., & Hanafiah, A. (2023). Digital Marketing Communication Model of Banyuwangi Tourism. Jurnal Komunikasi Profesional, 7(4), 506–522. https://doi.org/10.25139/jkp.v7i4.6734 
  21. Wijayanto, G., Hadiwijaya, A. S., Ganiem, L. M., Tabaika, M. A., & Rahim, R. (2023). Digital Marketing Communication Model of Healthy Instant Noodles from Lemonilo. Jurnal Komunikasi Profesional, 7(3), 410–426. https://doi.org/10.25139/jkp.v7i3.6490 
  22. Dewi, I. Y., Ganiem, L. M., & Mulyana, W. (2022). Strategi Komunikasi Program Corporate Social Responsibility Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan. Jurnal Visi Komunikasi, 21(01), 128–140.  https://doi.org/https://dx.doi.org/10.22441/visikom.v21i01.14332 
  23. Ganiem, L. M., Komalawati, E., Pandjaitan, R. H., & Hani, R. (2022). Patients and Their Companion Perception about Disease and How to Communicate to Medical Practitioners. Jurnal Komunikasi, 14(2), 404–422. https://doi.org/10.24912/jk.v14i2.18616 
  24. Hani, R., & Ganiem, L. M. (2022). Membangun Personal Social Responsibility Melalui Pemanfaatan Peran Peer Group sebagai Upaya Mencegah Perkawinan Usia Remaja di SMKN 49 Jakarta Utara. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 4039–4052. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i2.2662 
  25. Larisu, Z., & Mona, L. (2022). Commodification of Media in Helping Public Relations Performance in the Regional Development Sector in Indonesia: Multicultural Communication Humanization. Linguistics and Culture Review, 6(S3), 158–175. https://doi.org/10.21744/lingcure.v6nS3.2107 
  26. Nugroho, B., Rizal, M., Bangkara, B. M. A. s, Ganiem, L. M., & Purwoko, R. (2022). Effectiveness of the Use of Various Digital Applications to Promote Public Health in Indonesia: A Study of the Impact of Technology on Public Health. Science Midwifery, 10, 3859–3868. https://doi.org/10.35335/midwifery.v10i5.930 
  27. Dewi, R. M., & Ghaniem, L. M. (2021). Corporate Social Marketing sebagai Implementasi Program Corporate Social Responsibility melalui Edukasi Penggunaan Air Bersih (Studi Kasus Komunikasi Korporasi di PT Aetra Air Jakarta). Jurnal Media Kom, 11(2), 103–115. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.22441/mediakom.v11i2.22250 
  28. Ganiem, L. M. (2021a). COVID-19 Status Withholding or Disclosure: Motives and Impacts. SEARCH Journal of Media and Communication Research, 2021(Special Issue), 111–125. https://fslmjournals.taylors.edu.my/icemc-2021-special-issue/ 
  29. Ganiem, L. M. (2021b). Residential Area Syndrome: Reasons for Non-Compliance in Motorcycling. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(1), 102–110. https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i1.38 
  30. Ganiem, L. M., & Utami, H. S. (2021). Patient Expectations on How Doctors Deliver Bad News (Case Study of Cancer Patients in Jambi City). International Journal of Science, Technology & Management, 2(3), 755–766. https://doi.org/10.46729/ijstm.v2i3.190 
  31. Harahap, A. A. B., & Ganiem, L. M. (2021). Barriers to Reciprocity Communication between Superiors and Subordinates when Working from Home. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(4), 629–636. https://doi.org/10.51601/ijersc.v2i4.116 
  32. Mahadewi, E. P., Wahab, Mohd. K. A., Harahap, A., Ganiem, L. M., & Manullang, S. O. (2021). Historical Identification of International Publication Works of the Malay Manuscript Models. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 25(4), 3013–3019. http://annalsofrscb.ro/index.php/journal/article/view/2842/ 
  33. Mona, L., Haryono, B., & Dipodiwirjo, N. H. (2021). Radio Empowerment Effect. Social Science and Humanities Journal, 5(1). https://sshjournal.com/index.php/sshj/article/view/660 
  34. Sari, D. N., & Ganiem, L. M. (2021). Semiotic Analysis of Gender Equality Representation in Soy Sauce Product Advertising. Nyimak Journal of Communication, 5(2), 219–236. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v5i2.4298 
  35. Ganiem, L. M. (2020). Efek Telemedicine pada Masyarakat (Kajian Hukum Media McLuhan: Tetrad). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 87–97. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/interaksi.9.2.87-97 
  36. Ganiem, L. M., & Pandjaitan, R. H. (2020). Membangun Lingkungan Sehat di Kawasan Wisata Pantai Sawarna. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7221 
  37. Mona, L., & Dipodiwirjo, N. H. (2020). Kindness Contagious through Communication between Neighbours. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt / Egyptology, 17(5), 94–110.  https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/670 
  38. Rachmat, D. A., & Ganiem, L. M. (2020). Tahapan Komunikasi Terapeutik Dokter pada Pasien di Klinik Kecantikan. Jurnal Komunikasi Global, 9(1), 61–79. https://doi.org/10.24815/jkg.v9i1.16107 
  39. Mona, L. (2019). Pemberdayaan Karakter Tanggung Jawab Sosial Siswa SD dalam Membangun Lingkungan Sehat. BASKARA: Journal of Business and Entrepreneurship, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.54268/baskara.v1i2.5933 
  40. Pandjaitan, R. H., & Ganiem, L. M. (2019). Pemberdayaan Tokoh Masyarakat dan Adat sebagai Media Komunikasi Harmonis dan Pembangunan. Prosiding PKM-CSR, 2, 1367–1382. https://doi.org/https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v2i0.511 
  41. Ganiem, L. M. (2018a). Keterbukaan Informasi Publik pada Konsil Kedokteran Indonesia. Warta ISKI, 01(02), 29–40. https://doi.org/https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i02.15 
  42. Ganiem, L. M. (2018b). Mengembangkan ‘Personal Social Responsibility (PSR)’ dalam Membangun Karakter Mahasiswa. Journal Acta Diurna, 14, 30. https://doi.org/10.20884/1.actadiurna.2018.14.2.1344 
  43. Ganiem, L. M., Kholisoh, N., & Hutagalung, I. (2018). Pelatihan Pemberdayaan Sikap Remaja Preventif terhadap Dampak Negatif Pornografi Media Sosial Youtube di Kembanagn Utara. JAM: Jurnal Abdi Masyarakat, 4. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.22441/jam.2018.v4.i1.008 
  44. Farida, A., & Ganiem, L. M. (2017). Leader’s Motivating Language in National Library’s Internal Communication. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(2), 71–81. https://doi.org/10.25008/jkiski.v2i2.105 
  45. Ganiem, L. M. (2017). Pemberdayaan Perempuan Miskin Kota melalui Pendidikan. Jurnal ASPIKOM, 3(2). https://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/131/0 
  46. Lubis, M., & Ganiem, L. M. (2017). Pencapaian Brand Corporate melalui Brand Activation Pendekatan Experiential Marketing (Studi Kasus Laboratorium Klinik). Jurnal Komunikasi, 9(1), 1–15. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.457 
  47. Sulaeman, D., & Ganiem, L. M. (2017). Sekolah Kejuruan sebagai Corporate Social Responsibility Djarum Foundation. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 264–278. https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.35 
  48. Ganiem, L. M. (2015). Survei Kepuasan Pelanggan terhadap Pelayanan Konsil Kedokteran Indonesia.
  49. Sabini, M. N., & Ganiem, L. M. (2015). Corporate Social Responsibility sebagai Strategi Komunikasi Bisnis Perusahaan. Jurnal ASPIKOM, 2(5), 346–356. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v2i5.86 
  50. Ganiem, L. M. (2014). Peran Strategis Ahli Komunikasi di Lembaga Pemerintahan. Konferensi Nasional Komunikasi ISKI Lombok.
  51. Ganiem, L. M. (2013a). Communicating Character Education to Student in Darul Marhamah Islamic Girls Boarding School Cileungsi. AMIC (Asian Media Information and Communication Centre) Conference.
  52. Ganiem, L. M. (2013b). Konstribusi Korporasi dalam Pembentukan Karakter Bangsa melalui Budaya Korporasi (Corporate Culture). In H. Budianto, P. M. Agustini, & N. Kholisoh (Eds.), Marketing Communication: Pariwisata dan Korporasi di Indonesia (p. 481). Pusat Studi Komunikasi dan Bisnis Program Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana Jakarta.
  53. Tim Peneliti. (2013). Strategi Perang Semesta dalam Menghadapi Perubahan Strategi Politik dan Pertahanan di Asia Pasific.
  54. Ganiem, L. M. (2011a). Perspektif Budaya pada Komunikasi Pemasaran Terpadu. In F. Hamid & H. Budianto (Eds.), Ilmu Komunikasi: Sekarang dan Tantangan Masa Depan (1st ed., pp. 159–174). Kencana Prenada Media Group.
  55. Ganiem, L. M. (2011b). Sejarah Komunikasi Antarbudaya. Jurnal MediaKOM, 4(7).
  56. Ganiem, L. M. (2010). Komunikasi Non-Verbal pada Kredibilitas Komunikator. Jurnal MediaKOM, 3(5).
  57. Ganiem, L. M. (2009a). Mengembangkan Jati Diri Bangsa melalui Komunikasi. KOMUNIKASI: Jurnal ISKI, 1(1).
  58. Ganiem, L. M. (2009b). Pilpres 2009: Siap Kalah, Siap Menang (Tinjauan Etika Komunikasi Politik). In The Fatwa Magazine, Membangun Negara-Bangsa dengan Moral dan Etika (11th ed., Vol. 2).
  59. Ganiem, L. M. (2009c). Relational Dialectics on Sundanesse-Arabian Marriage. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 8(27). https://doi.org/https://doi.org/10.32509/wacana.v8i27.300 

Publikasi Buku dan Artikel di Media Massa, diantaranya:

  1. Ganiem, L. M. (2024a). Experience Sharing 2:  Interview with Prime Minister Benazir Bhutto. In S. S. Othman (Ed.), Journalism Essentials: 60 Questions Beginners Should Know the Answers (pp. 99–103). Copyright ©2024 AID Conference. ISBN: 978-967-28-82-08-4.
  2. Ganiem, L. M. (2024b). Kesalahan dan Tantangan Komunikasi dalam Konteks Kesehatan. In Romindo & A. Putriana (Eds.), KOMUNIKASI KESEHATAN: Membangun Kesejahteraan Bersama (p. 204). Yayasan Literasi Sains Indonesia. ISBN: 978-623-09-7725-1.
  3. Ganiem, L. M. (2024c, July 22). Harapan Masyarakat Terkait Dokter Asing. Kompas.Com. https://health.kompas.com/read/24G22090341368/harapan-masyarakat-terkait-dokter-asing 
  4. Muslim, Ganiem, L. M., & Supendi, D. (2024). Komunikasi Interpersonal dalam Pendidikan (D. Abidin, Ed.). Sulur Pustaka. ISBN: 978-623-1481-31-3.
  5. Suparmo, L., Ganiem, L. M., Widiyastuti, N., Hardana, L. D., & Hery, S. (2024). Personal Branding: Membentuk Tampilan Pribadi Lebih Baik. Campustaka. ISBN: 978-623-89073-0-4.
  6. Ganiem, L. M. (Ed.). (2023a). Gambaran Proporsi Tenaga Pengelola Cagar Budaya di Indonesia. Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. ISBN: 978-623-118-504-4.
  7. Ganiem, L. M. (Ed.). (2023b). Kekayaan dan Keragaman Kuliner Indonesia menurut Penetapan. Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. ISBN: 978-623-118-502-0.
  8. Ganiem, L. M. (2023c). Komunikasi Antarbudaya. In Pengantar Ilmu Komunikasi. CV Basya Media Utama. ISBN: 978-623-5406-35-0.
  9. Ganiem, L. M. (2023d). Komunikasi Terapeutik pada Masyarakat. In M. Yundelfa (Ed.), Komunikasi Keperawatan. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. ISBN:978-623-8065-43-1.
  10. Ganiem, L. M. (2023e). Menulis Bab Pembahasan. In Karya Tulis Ilmiah: Teori & Panduan Praktis Penulisan Karya Ilmiah (p. 278). PT Sonpedia Publishing Indonesia. ISBN: 978-623-8417-32-2.
  11. Ganiem, L. M. (Ed.). (2023f). Statistik Kebahasaan dan Kesastraan 2023 (Vol. 5). Pusat Data dan Teknologi Informasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. ISSN: 2985-556X.
  12. Ganiem, L. M. (2023, January 13). BPJS Kesehatan Ubah Stigma “Orang Miskin Tidak Boleh Sakit.” Tribunnews.Com. https://www.tribunnews.com/tribunners/2023/01/13/bpjs-kesehatan-ubah-stigma-orang-miskin-tidak-boleh-sakit 
  13. Ganiem, L. M. (2023h, May 3). Dokter dan Pasien yang Saling Menghormati. Kompas.Com. https://health.kompas.com/read/23E03100359568/dokter-dan-pasien-yang-saling-menghormati 
  14. Ganiem, L. M. (2023i, May 10). Regulasi jika Dokter Asing Diizinkan Praktik di Indonesia. Kompas.Com. https://health.kompas.com/read/23E10153000368/regulasi-jika-dokter-asing-diizinkan-praktik-di-indonesia?page=all 
  15. Ganiem, L. M., & Syaify, A. (2023). Komunikasi Kedokteran Gigi: Konteks Teoretis dan Praktis. Kencana Prenada Media Group. https://prenadamedia.com/product/komunikasi-kedokteran-gigi-konteks-teoretis-dan-praktis/ 
  16. Ganiem, L. M. (2022a). Komunikasi dalam Pelayanan Telemedicine. In Pelayanan Tele-Health & Telemedicine di Era Pandemi Covid-19. Nuta Media. ISBN: 978-623-5967-74-5.
  17. Ganiem, L. M. (2022b). Komunikasi Seorang Pemimpin. In A. L. Arifin, A. Ghofar, D. Mutiah, A. Wahidah, M. Advianti, M. Marianne, & B. Nugraha (Eds.), Kepemimpinan Perempuan dan Islam: Tinjauan Berbagai Perspektif (p. 124). Cendekia. ISBN: 978-623-99423-7-3.
  18. Ganiem, L. M. (2022c). Nyambat Nyok… In Betawi Punye Cerite: Bikinan ISWIJA (p. 228). Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta. ISBN: 978-623-99485-2-8.
  19. Ganiem, L. M. (2022d). Pemaparan Kajian Teori/Pustaka. In N. Saputra (Ed.), Metodologi Penelitian Pendidikan (p. 255). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. ISBN: 978-623-5722-80-1.
  20. Ganiem, L. M. (Ed.). (2022e). Teori Psikologi Komunikasi. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. ISBN: 978-623-5722-52-8.
  21. Ganiem, L. M. (2022f). Visioner, Kritis, Kocak. In Sukman Tulus Putra: Organisatoris Handal yang Berwawasan Global. Divisi Kardiologi Anak IKA FKUI-RSCM dan UKK Kardiologi IDAI.
  22. Budyatna, M., & Ganiem, L. M. (2021). Teori Komunikasi Antarpribadi (2nd ed.). Prenada Media Grup (Kencana). ISBN: 978-6021-1864-59. https://prenadamedia.com/product/teori-komunikasi-antarpribadi-edisi-kedua/ 
  23. Ganiem, L. M. (2021, August). Tanggung Jawab Sosial Individu Generasi Muda Indonesia (Menyambut HUT RI ke-76 dari Kementerian Kominfo). 36 Media Massa Di Indonesia.
  24. Mulyana, D., & Ganiem, L. M. (2021). Komunikasi Kesehatan: Pendekatan Antarbudaya. Prenada Media Grup. ISBN: 978-623-218-776-4. https://prenadamedia.com/product/komunikasi-kesehatan-pendekatan-antarbudaya/ 
  25. Ganiem, L. M. (2020a, May). Bersama Menanggulangi COVID-19. Newsletter Konsil Kedokteran Indonesia.
  26. Ganiem, L. M. (2020b, August). Menularkan Kebaikan bagi Indonesia Sejahtera. Indonesia News.
  27. Ganiem, L. M. (2019, August). Indonesia Jaya dengan PSR. IndonesiaNews.
  28. Ganiem, L. M., & Kurnia, E. (2019). Komunikasi Korporat: Konteks Teoretis dan Praktis. Prenada Media Group. ISBN: 978-623-218-239-4.
  29. Ganiem, L. M. (2018). Komunikasi Kedokteran: Konteks Teoritis dan Praktis (D. Feirus, Ed.). Kencana Prenadamedia Group. ISBN: 978-602-422-226-0.  https://prenadamedia.com/product/komunikasi-kedokteran-konteks-teoretis-dan-praktis/
  30. Tim Penulis. (2017). Buku Saku Praktik Dokter dan Dokter Gigi di Indonesia (1st ed.). Konsil Kedokteran Indonesia. ISBN: 978-979-1249-38-6.
  31. Ganiem, L. M. (2015). Sang Guru. In S. Irianto & N. Normanda (Eds.), Eulogi: Belajar Manusia & Antropologi dari Iwan Tjitradjaja (p. 256). Yayasan Pustaka Obor Indonesia. ISBN: 978-979-461-955-1.
  32. Ganiem, L. M., Ambadar, J., & Sukardjo, C. (2015). PSR (Personal Social Responsibility): Aku, Kamu, Kita Bisa (D. Feirus, Ed.; 1st ed.). Prenada Media Group. ISBN: 978-602-0895-09-3.
  33. Rumondang, H., Junaedah, S. A., Ganiem, L. M., Hanartani, M. M., Abyoto, K. W., & Yasar, I. (2014a). Keterampilan Negosiasi dalam Hubungan Industrial: Panduan untuk Pengusaha (1st ed.). Kementerian Ketenagakerjaan RI. ISBN: 978-602-71956-0-8.
  34. Rumondang, H., Junaedah, S. A., Ganiem, L. M., Hanartani, M. M., Abyoto, K. W., & Yasar, I. (2014b). Keterampilan Negosiasi dalam Hubungan Industrial: Panduan untuk Serikat Pekerja (1st ed.). Kementerian Ketenagakerjaan RI. ISBN: 978-602-71956-1-5.
  35. Tim Editor ISKI. (2014a). Masa Depan Komunikasi, Masa Depan Indonesia : Demokrasi dalam Ruang Virtual. Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI). ISBN: 978-602-1054-00-0.
  36. Tim Editor ISKI. (2014b). Masa Depan Komunikasi, Masa Depan Indonesia: Demokratisasi Masyarakat Plural. Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI). ISBN: 978-602-1469-98-9.
  37. Tim Editor ISKI. (2014c). Masa Depan Komunikasi, Masa Depan Indonesia: Geopolitik dan Geostrategi. Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI). ISBN: 978-602-1469-97-2.
  38. Tim Editor ISKI. (2014d). Masa Depan Komunikasi, Masa Depan Indonesia: Komunikasi dan Kesejahteraan Sosial. Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI). ISBN: 978-602-1469-95-8.
  39. Tim Editor ISKI. (2014e). Masa Depan Komunikasi, Masa Depan Indonesia: Transformasi Komunikasi Politik. Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI). ISBN: 978-602-1469-99-6.
  40. Ganiem, L. M. (2011a). Perspektif Budaya pada Komunikasi Pemasaran Terpadu. In F. Hamid & H. Budianto (Eds.), Ilmu Komunikasi: Sekarang dan Tantangan Masa Depan (1st ed., pp. 159–174). Kencana Prenada Media Group. ISBN: 978-602-8730-67-9.
  41. Ganiem, L. M. (2011b). Tip and Tricks Personal Branding. In S. A. Wisesa (Ed.), Political Branding & Public Relations (p. 314). PT Gramedia Pustaka Utama. ISBN: 978-979-22-6901-7.
  42. Tim Penulis. (2010). Pendidikan Nilai-Nilai Olimpiade. Komite Olimpiade Indonesia,.

Artikel pernah terbit di: Harian Kompas, Media Indonesia, Info Magazine,  Bisnis Indonesia, Koran Sindo, Republika, Pikiran Rakyat, The Jakarta Post, Pakistan Observer, The News (Pakistan), Majalah  Femina, Majalah Kartini, Nova,  Web Komunitas Perkawinan Campuran, KPC Melati, majalah-majalah Perbankan (LPPI, INFO Risk Management IRPA), Buletin the Fatwa Center,  Kontributor tetap ‘Else Magazine’ (2009-2010), dll