Dr. Margaretha Margawati van Eymeren, M.Hum

  • Expert in : Philosophy & Marketing Communication
  • Education : Doctor of Philosophy
  • Professional Experience :
  1. Lecturer  (2002-now)
  2. Product Manager – Jansenn Pharmaceutica div of Johnson & Johnson Indonesia (1987-1991)
  3. Sales & Promotional Manager – PT Grafiti Medika Pers -Group of Tempo Magazine (1980-1987)
  • Publication/Research :
  1. Witjaksono, K.J., van Eymeren, M. (2024). Penggunaan NARS Power Players Sebagai Virtual Brand Ambassadors Untuk Mempengaruhi Konsumen. Komunikatif: Jurnal Ilmu Komunikasi, 13 (1). DOI: https://doi.org/10.33508/jk.v13i1 
  2. van Eymeren, M. (2023). Persahabatan yang dimediasi lewat komunikasi melalui komputer: Masih Mungkinkah?. Journal Visioner:Journal of Media and Art, 4(2),1-28.
  3. Lesmana, R.P., Tanuwijaya, F.F., van Eymeren M.M. (2021). The art of luxury: Sealy brand personality identification. International Journal of Business Studies, 5(2).  e-ISSN:2622-4585|p-ISSN:2580-0132
  4. Arbay, E.A, Kurniawan, D., van Eymeren, M.M. (2020). Dating violence experienced: How interpersonal communication shows it all. Technium Social Sciences Journal, 14, 206-227. DOI:10.47577/tssj.v14i1.2062 
  5. Atika, M.M, van Eymeren, M.M. (2019). Motif pendengar dalam mendengarkan radio Virgin Jakarta. Eko dan Bisnis Riau Economic and Business Review 10(3), 308-314.
  6. Van Eymeren, M. (2016). Memahami persepsi visual: Sumbangan psikologi kognitif dalam seni dan desain. Ultimart:JurnalKomunikasiVisual, 7(2),47-63. https://doi.org/https://doi.org/10.31937/ultimart.v7i2.387 
  7. Margawati, M. (2016). Tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) dalam perspektif etika bisnis. Jurnal Ilmu Komunikasi “Convergence 1(1). ISSN: 2528-648X.
  8. Soetrisno, M. (2011). Psikoanalisa Lacan dalam pembacaan Levine.Jurnal Ilmu Seni & Desain UltimArt, 2 (2).
  9. Soetrisno, M. (2010). Media komunikasi dan dampaknya terhadap kebudayaan: Sebuah analisis atas pandangan Herbert Marshall McLuhan. Jurnal Ilmu Komunikasi UltimaComm,2(1).DOI: 10.31937/ultimacomm.v2i1.403
  10. Margawati, M. (2009). Siapa berani pamer: Refleksi fenomenologis dunia seni. Jurnal Ilmu Seni & Desain UltimArt, 2(2).
  11. Margawati, M. (2008). Dunia yang menciut dalam era media digital: Kajian atas refleksi Jean Baudrillard mengenai budaya simulasi tataran ketiga. LSPR Journal, 3 (1).
  12. Margawati, M., Aryanto, T. (2000). Konflik antaragama atau politisasi agama?. Antropologi Indonesia, 24(63), 125-13. 
  • Books:
  1. Van Eymeren. M. (2023). Pengelolaan konflik antarbudaya: Kasus pengungsi Rohingya di Aceh. Prospect of Transformation Technology to Interpersonal and Intercultural Communication. Jakarta:Salemba Humanika.
  2. Suhendra, H.Y., van Eymeren, M.M. (2020) . Logika praktis untuk komunikasi: Penalaran kritis di era informasi. Jakarta: Hegel Pustaka.
  3. Syarif, U.A., van Eymeren, M. (2018). Buku ajar kajian agama dan spiritualitas. Bantul, Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.
  4. Van Eymeren, M. (2014). Conflict and Communication in the perspective of Teleology.  Conflict, Communication, and Culture proceedings book of The 3rd Communication Research InternationalConference STIKOM LSPR, Jakarta, 27 -28 April 2014.
  5. Van Eymeren, M. (2014). Media komunikasi dan dampaknya terhadap kebudayaan: Analisis atas pandangan Herbert Marshall McLuhan. Jakarta: Pusat Kajian Filsafat dan Pancasila.
  6. Van Eymeren, M. (2013). Informasi teknologis: Antropologi teknologis berdasarkan pemikiran Albert Borgmann dan Walter J. Ong. Jakarta: Pusat Kajian Filsafat dan Pancasila.
  7. Soetrisno, M. (2012). Komunikasi kehadiran dan perutusan Ekaristis: Menuju hidup berkelimpahan. Bunga Rampai XXIII Hidup Dalam Kelimpahan (A. Widyahadi Seputra, Y. Edi Mulyono, SJ.,        GN. Aswin, FA. Teguh Santosa Pr., Eds.). Jakarta: Konsorsium Pengembangan Pemberdayaan Pastoral Sosial Ekonomi. 
  8. Soetrisno, M. (2010).  Nilai kehidupan dan citra manusia. Religiositas, Agama dan Budaya Nilai (M.C. Gunawan, Ed.). Jakarta: Grasindo.
  • Sinta : Sinta 3
  1. Witjaksono, K.J., van Eymeren, M. (2024). Penggunaan NARS Power Players Sebagai Virtual Brand Ambassadors Untuk Mempengaruhi Konsumen. Komunikatif: Jurnal Ilmu Komunikasi, 13 (1). DOI: https://doi.org/10.33508/jk.v13i1 
  2. Lesmana, R.P., Tanuwijaya, F.F., van Eymeren M.M. (2021). The art of luxury: Sealy brand personality identification. International Journal of Business Studies, 5(2).  e-ISSN:2622-4585|p-ISSN:2580-0132
  3. Atika, M.M, van Eymeren, M.M. (2019). Motif pendengar dalam mendengarkan radio Virgin Jakarta. Eko dan Bisnis Riau Economic and Business Review 10(3), 308-314
  4. Van Eymeren, M. (2016). Memahami persepsi visual: Sumbangan psikologi kognitif dalam seni dan desain. Ultimart:JurnalKomunikasiVisual, 7(2),47-63. https://doi.org/https://doi.org/10.31937/ultimart.v7i2.387 
  • Google Scholar :
  1. Van Eymeren, M. (2016). Memahami persepsi visual: Sumbangan psikologi kognitif dalam seni dan desain. Ultimart:JurnalKomunikasiVisual, 7(2),47-63. https://doi.org/https://doi.org/10.31937/ultimart.v7i2.387 
  2. Van Eymeren, M. (2014). Media komunikasi dan dampaknya terhadap kebudayaan: Analisis atas pandangan Herbert Marshall McLuhan. Jakarta: Pusat Kajian Filsafat dan Pancasila.
  3. Van Eymeren, M.M. (2019). Motif pendengar dalam mendengarkan radio Virgin Jakarta. Eko dan Bisnis Riau Economic and Business Review 10(3), 308-314.
  4. Van Eymeren, M.M. (2020). Dating violence experienced: How interpersonal communication shows it all. Technium Social Sciences Journal, 14, 206-227. DOI:10.47577/tssj.v14i1.2062
  5. Van Eymeren, M.M. (2020) . Logika praktis untuk komunikasi: Penalaran kritis di era informasi. Jakarta: Hegel Pustaka.
  6. Van Eymeren M.M. (2021). The art of luxury: Sealy brand personality identitification. International Journal of Business Studies, 5(2).  e-ISSN:2622-4585|p-ISSN:2580-0132
  7. The Influence of Social Media for Shaping Youth Perception toward Political Participation GAM Kom, MM van Eymeren