Memerhatikan komunikasi yang baik berlaku bagi semua kalangan di setiap industri, tidak terkecuali industri kesehatan. Berhubungan dengan pasien maupun keluarga pasien merupakan hal tidak terhindarkan bagi seorang tenaga kesehatan. Menyampaikan kondisi pasien kepada keluarga maupun pasien itu sendiri, meyakinkan pasien akan suatu tindakan, hingga menyampaikan kabar duka kepada keluarga pasien bukanlah hal yang mudah.
Seorang tenaga kesehatan perlu memerhatikan kata-kata yang dituturkan, Oleh karena itu, cara berkomunikasi menjadi krusial untuk dipelajari para tenaga kesehatan, agar dapat berkomunikasi efektif dalam menjalankan pekerjaannya. Dalam menciptakan tenaga kesehatan yang penuh empati dan memiliki komunikasi yang baik, Rumah Sakit PELNI mengadakan pelatihan untuk 100 tenaga kesehatannya bersama London School Academy.
Serangkaian kegiatan pelatihan ini dimulai dengan Kick-Off pada tanggal 21 Februari 2023 dan berakhir pada tanggal 16 Maret 2023. Peserta dalam pelatihan ini terdiri dari para Perawat, Tim Administrasi, Farmasi, dan Customer Service.
Materi yang dibawakan pada pelatihan ini adalah Effective Communication, Self-Development, Self-Leadership, Public Speaking, dan Service Excellence. Untuk setiap materi terdapat empat pemateri. Materi Effective Communication yang dibawakan pada saat Kick-Off dipaparkan oleh Mrs. Sophia Bernadette, S.E., M.I.Kom. Sedangkan materi Self-Development dibawakan oleh Mrs. Past Novel Larasaty, M.A., Mr. Afdaliza, M.Psi., Psikolog, M.I.Kom., Dr. J.A. Wempi, dan Mrs. Elke Alexandrina, M.Sc. Materi Self-Leadership dipaparkan oleh Mr. Taufan Teguh Akbari, Ph.D., Dr. Yolanda Stellarosa, M.Si. Mrs. Yuliana Riana Prasetyawati, M.M., dan Ms. Aprida Mardelina Sihombing, M.Si.
Untuk materi lainnya yaitu Public Speaking, dipaparkan oleh Mr. Alexander Mamby Aruan, S.E., M.Si., Mrs. Riska Afrianti, M.Si., Mr. Mikhael Yulius Cobis, M.M., M.Si., dan Mr. Arief Bakri, S.Sos. Serta materi Service Excellence dibawakan oleh Mrs. Sylvia A. Roennfeld, M.Si., Mrs. Bertha Yunita Permatasari, B.A., M.Si., Mrs. Gracia Rachmi Adiarsi, M.M., dan Mrs. Emilya Setyaningtyas, M.Si.
Dalam rangkaian pelatihan ini, diharapkan Rumah Sakit PELNI dapat memiliki tenaga kesehatan yang mampu berkomunikasi dengan baik dan penuh empati. Tidak hanya itu, diharapkan juga para peserta memiliki kemampuan dalam memimpin dirinya sendiri dan bisa mengembangkan diri.